Resep Menciptakan Tempe Bacem Khas Jogja Enak

Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak - Tempe ialah salah satu kuliner khas tradisional indonesia yang sangat terkenal . panganan atau kuliner yang dihasilkan dari proses olahan biji kedelai yang melalui proses fermentasi ini sanggup dibilang sangat bersahabat dan bahkan hampir tidak sanggup dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat indonesia . yahh tentu saja , mungkin hal ini tak lain alasannya ialah rasa tempe yang enak dan harga tempe yang sangat murah . akan tetapi bila dibandingkan soal kandungan gizinya , tempe boleh di sabung bahkan dengan kuliner homogen daging pun .

Hal inilah yang menciptakan tempe semakin di kenal dan banyak kuliner yang demam isu dari materi tempe di negara-negara tetangga menyerupai amerika , jepang , jerman dan negara lainnya . negara-negara tersebut mulai ikut-ikutan dalam membuatkan dan mengkonsumsi tempe sebagai salah satu kuliner pemasok nutrisi dan protein . suatu pujian tersendiri tentunya alasannya ialah kuliner tradisional indonesia sudah sanggup diterima dinegara-negara lainnya . bila diindonesia sendiri pastinya sudah anda ketahui kalau sudah begitu banyak macam dan variasi kuliner atau kuliner yang sanggup anda buat dengan berbahan tempe .

Anda sanggup menemui kuliner atau kuliner yang terbuat dari tempe dimana-mana , dari kuliner yang termudah menyerupai resep temepe mendoan , resep tempe penyet , resep tempe orek , resep steak tempe , ataupun resep tempe bacem menyerupai pada resep yang akan bagikan kali ini . berbicara perihal tempe bacem , tempe bacem yang mempunyai rasa yang enak khas ialah tempe bacem yang khas dari kota jogjakarta . rasa yang enak gurih dengan bumbu rempah pilihan menciptakan tempe bacem jogja menjadi salah satu kuliner favorit untuk kalangan masyarakat luas .

Dari anak kecil sampai orang sampaumur tentunya mereka menyukai tempe bacem . tempe bacem khas jogja sanggup anda jumpai di daerah pedagang kali lima , menyerupai angkringan . berteman dengan nasi kucing beserta sambal yang pas pedas menciptakan tempe bacem mempunyai rasa yang istimewa . bila diangkringan biasanya tempe bacem akan disajikan dengan dibakar . namun bila anda tidak terlalu suka dengan tempe bacem yang dibakar anda sanggup eksklusif memakannya .

Selain disajikan diangkringan , tempe bacem juga sudah sanggup anda jumpai dimana-dimana . dari warteg , rumah makan sunda , kedai tempe bacem , caffe bahkan restauran berbintang lima pun seakan-akan berlomba untuk menghadirkan tempe bacem dengan banyak sekali macam dan variasi bumbu nya . nah bila anda ingin merasakan tempe bacem khas jogja , anda tidak harus pergi kekota jogja untuk sekedar menikmati tempe bacem khas jogja . alasannya ialah dengan menyiapkan bahan-bahan yang diharapkan beserta mengikuti langkah-langkah pada resep tempe bacem yang kami bagikan dibawah ini anda sudah sanggup menikmati tempe bacem di rumah . cekidot :D

Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak

Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak

Bahan-bahan Tempe Bacem Khas Jogja Enak :

  • Tempe 1 papan ( dipotong-potong )
  • Air kelapa 1/2 liter ( untuk rasa yang lebih gurih )
  • Serai 1 batang ( geprak atau dimemarkan )
  • Lengkuas 1 ruas ( geprak atau dimemarkan )
  • Asam jawa 1/2 sendok teh
  • Daun salam 2 lembar

Bumbu halus Tempe Bacem Khas Jogja Enak :

  • Gula merah 3 sendok makan
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Kemiri 2 butir
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak :

  1. Pertama-tama masukkan kedalam wajan 1/2 liter air kelapa yang sudah anda siapkan tadi , kemudian masukkan bumbu halus dan bumbu lainnya menyerupai asam jawa , lengkuas , daun salam dan serai . aduk aduk sampai rata .
  2. Jika bumbu dan air kelapa sudah tercampur rata , kemudian masukkan tempe , aduk sesekali dan biarkan air kaldu bumbu menyusut dan habis terserap oleh tempe .
  3. Jika sudah matang dan bumbu meresap , anda sanggup segera menggoreng tempe bacem semoga lebih gurih . namun bila anda belum ingin menikmatinya anda sanggup menyimpan tempe kedalam wadah yang tertutup kemudian simpan kedalam lemari es .
  4. Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak siap untuk dihidangkan .

Demikian bahan-bahan dan cara pembuatan tempe bacem khas jogja nya , cukup gampang bukan ? rasa yang enak dan gurih dari tempe bacem khas jogja terletak pada air kelapa nya , jadi usahakan memakai air kelapa bila ingin menciptakan tempe bacem yang enak yummy . anda sanggup menyajikan tempe bacem khas jogja dengan nasi hangat beserta ayam goreng ataupun aneka kuliner lainnya berdasarkan selera anda . oh iya , bila anda suka dengan tahu atau tofu , anda juga sanggup menambahkan tahu atau tofu kedalam tempe bacem yang anda buat .

Tempe bacem merupakan hidangan yang sederhana , namun mempunyai rasa yang istimewa dan menciptakan anda berselera untuk segera menyantapnya bukan ? apalagi bila disajikan dengan sambal yang pedas ataupun sambal tomat sesuai selera anda , tentunya akan semakin nikmat , yummy dan makyus . nah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak ini dirumah yah . buka juga gosip resep kuliner lainnya menyerupai Resep Membuat Menu Sarapan Pagi Mudah Sehat Bergizi yang patut untuk anda buat juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Komentar