Resep Menciptakan Kalio Daging Sapi Padang Enak

Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak - hai , ketemu lagi dengan harianresep.blogspot.com ya bun . pagi-pagi kaya gini sudah ada rencana mau masak apa untuk keluarga tercinta belum bun ? kalau belum silahkan cek resep-resep masakan yang ada di yah , siapa tahu ada resep masakan yang sanggup memunculkan ide-ide gres dalam memasak hari ini . kami sudah sajikan aneka masakan nusantara hingga luar negeri komplit dari aneka bahan-bahan yang diharapkan , cara menciptakan dan tips yang tentunya akan menambah wawasan anda dalam memasak .

Nah kali ini masih perihal masakan khas minang nih bun , bila beberapa waktu kemudian kami sudah memosting perihal kalio ayam padang . pada kesempatan kali ini kami akan mengembangkan perihal masakan khas minang ialah kalio daging sapi padang . loh kok dari kemarin masakan minang terus sih yang di posting ? heheh , iya nih bun dari kemarin admin rasanya gregetan banget kalau liat masakan padang .

Rasanya kok enak-enak semua yah , jadi kayanya akan rugi sekali bila hingga masakan kalio daging sapi padang ini hingga ngga di posting :D . semoga saja bunda dirumah suka juga dengan kalio daging sapi padang ini yah bun . rasanya enak dan enak banget loh bun . memakai bumbu rempah alami khas indonesia yang segar dan suplemen santan orisinil menambah citarasa yang ngga ada dua nya . cocok sekali dinikmati dengan nasi hangat bersama taburan bawang merah di atasnya ,

Mmmh , yumii banget bun , keluarga dirumah niscaya suka . bunda sanggup sajikan kalio dagong sapi padang ini sebagai sajian sarapan pagi yang special untuk mengawali acara . ataupun sebagai sajian makan siang dan makan malam anda bersama keluarga semoga terasa lebih istimewa . sanggup jadi bila keluarga anda ketagihan , kalio daging sapi padang ini sanggup menjadi hidangan selingan sehari-sehari atau bahkan menjadi hidangan vaforit keluarga .

Dalam menciptakan kalio daging sapi padang tentunya sangat gampang , percayalah anda hanya membutuhkan waktu sekitar limabelas menit untuk meracik bumbunya . yang sedikit usang dan bunda harus sedikit bersabar mungkin ketika proses mengempukkan daging sapinya semoga mendapat kalio daging sapi yang enak dan empuk . walaupun membutuhkan waktu yang sedikit usang , kami yakin anda pati akan puas bila mendapat hasil kalio daging sapi yang enak dan empuk . ingin tau ? yasudah kita buat sama-sama yuck bun . untuk lebih terang dari bahan-bahan yang diharapkan berserta cara membuatnya silahkan simak artikel Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak menyerupai dibawha ini .

Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak

Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak
Kalio Daging Sapi Padang Enak Yang Wajib Dicoba

Bahan-bahan Kalio Daging Sapi Padang :

  • Daging sapi sandung lamur 1 kilo gram ( dipotong kecil-kecil sesuai selera )
  • Kentang 6 buah yang ukuran besar ( belah menjadi 4 bab )
  • Santan kental 300 mili liter
  • Air untuk merebus daging hingga lunak 

Bumbu Halus Kalio Daging Sapi Padang :

  • Cabai merah besar 10 buah ( dibuang bijinya ) atau sanggup menggantinya dengan 20 buah cabe keriting merah 
  • Cabai rawit 10 buah ( skip bila tidak ingin terlalu pedas )
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 8 siung
  • Jahe 2 ruas jari
  • Kunyit 2 ruas jari
  • Ketumbar sangrai 2 sendok makan
  • Jintan 1/2 sendok teh
  • Kemiri 6 butir ( disangrai )

Bumbu Lainnya Kalio Daging Sapi Padang :

  • Daun jeruk purut 10 lembar
  • Serai 2 buah ( ambil bab putihnya ) pipihkan 
  • Jari lengkuas 3 ruas ( belah dua kemudian pipihkan )
  • Daun salam 5 lembar
  • Daun kunyit 2 lembar ( simpulkan )
  • Kapulaga 3 buah
  • Kembang lawang/pekak/star anise 3 buah 
  • Cengkeh 5 butir
  • Kayu bagus 2 batang
  • Garam 1 sendok makan
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Minyak secukupnya untuk menumis 

Cara Membuat Kalio Daging Sapi Padang :

  1. Pertama-tama siapkan panci atau wajan , panaskan sekitar 3 sendok makan minyak goreng . kemudian tumis bumbu halus hingga harum , aduk-aduk selama menumis semoga bumbu halus tidak gosong . aduk dan tumis bumbu hingga matang dan berubah warnanya menjadi tidak pucat lagi .
  2. Selanjutnya tambahkan daun jeruk purut , daun salam , serai , lengkuas , daun kunyit , kapulaga , kembang lawang , cengkeh , kayu bagus , kemudian aduk hingga rata dan hingga daun bumbu menjadi layu .
  3. Setelah itu masukkan daging , aduk hingga rata . kemudian tutup panci dan masak dengan memakai api kecil hingga daging mengeluarkan air dan airnya menyusut . tambahkan gula dan garam , serta 500 mili air panas . kemudian rebus dengan api kecil hingga daging sapi empuk . bila daging belum empuk tetapi air telah menyusut habis , boleh anda tambahkan kembali air panas mendidih . rebus daging hingga terasa  empuk , masukkan kentang . kemudian rebus lagi hingga kentang dan daging matang dan empuk .
  4. Kemudian tuang santan kental , masak dengan memakai api kecil sambil sesekali diaduk hingga kuah mendidih , santan matang dan berminyak . kalio merupakan masakan minang yang berkuah yang kental , jadi masak hingga kuag mengental namun jangan hingga kuah menyusut habis yah .
  5. Terakhir boleh dicicipi rasanya , kemudian tambahkan bila ada yang kurang . seusaikan sendiri gula dan garam nya yah . angkat .
  6. Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak siap untuk dinikmati .

Selesai , bila kita lihat bumbu-bumbu yang dipakai rempah-rempahnya sangat komplit sekali yah . niscaya anda sudah sanggup baayangkan donk , nikmat dan lezatnya kalio daging sapi ini . sajikan kalio daging sapi padang dengan nasi putih hangat atau dengan ketupat yang dipotong-potong . oh iya ternyata selain enak dinikmati sebagai hidangan sehari-hari , kalio daging sapi ini juga akan enak sekali bila disajikan di acara-acara tertentu loh .

Seperti ketika program keluarga , lebaran idul fitri , lebaran idul adha , natal dan lain sebagainya . kalio daging sapi padang yang enak dan enak sanggup menjadi rujukan sebagai pengganti masakan menyerupai gulai ayam atau opor ayam dalam merayakan lebaran idul fitri atau lebaran idul adha loh bun . kalio daging sapi padang bila dijadikan sajian santap sahur atau berbuka juga enak dan enak . pokoknya nikmat banget deh :D

Yasudah selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak ini dirumah yah . buka juga warta resep masakan lainnya menyerupai Resep Membuat Ayam Bakar Padang Asli Enak yang wajib untuk anda memcoba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan sanggup bermanfaat . bila anda menyukai artikel Resep Membuat Kalio Daging Sapi Padang Enak ini silahkan like atau share ke media umum anda menyerupai facebook , twitter atau goegle plus anda semoga lebih memudahkan kami dalam mengembangkan sajian masakan lainnya . sekian , seeyou :)

Komentar